Media Online Berpotensi Kuasai Industri Pers

Media Online Berpotensi Kuasai Industri Pers

Faktual.co.id – Saat ini jurnalisme online menjadi raja di jagad media. Hal ini dikarenakan media online disajikan secara cepat, tepat, akurat kapan dan dimana saja dengan menggunakan perangkat internet. Baik melalui computer dan smartphone. Kecepatan berita inilah yang membuat media online semakin ekspansif dijagat industri pers.

Dengan iklim pasar atau kecenderungan masyarakat pembaca berita yang demikian, membuat media cetak terancam guling tikar alias bangkrut”. Tapi lagi-lagi, semuah media punya strategi marketing, yang bisa membuat media tersebut eksis atau terpaksa kolaps.

Demi menjaga keberlangsungannya, industri pers saat ini selain memiliki media cetak (koran/surat kabar), juga menyediakan media online. Bahkan koran sekaliber Kompas pun saat ini membagi fokus perhatian pada media online-nya, yakni www.kompas.com

Dengan hadirnya media online, oplah surat kabar menurun 5,1 juta pada tahun 1997 menjadi 4,7 juta eksenplar saat ini. Saat ini dunia pemberitaan mengistilahkan ”yang cepat mengalahkan yang lambat. Bukan yang besar mengalahkan yang kecil” dalam artian, berita yang cepat sampai kepada khalayak itulah yang banyak diminati. Akibatnya, media online saat ini kian menjamur dijagat industri pers. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan media online  yang saat ini sedang berkembang pesat.

Dengan beragam fasilitas serba internetsaat ini membuat masyarakat dengan mudah dan efisien mengakses informasi. Persoalan media cetak atau online, adalah persoalan pilihan. Yang jelas dengan segala kesibukan dan ingar-bingar kehidupan masyarakat urban pada umumnya, mereka lebih memilih mengakses berita dengan media yang tidak merepotkan. Misalnya dengan menggunakan smartphone dan perangkat internet lainnya.

Diproyeksikan, pertumbuhan jumlah pengguna internet per tahun di Indonesia mencapai sekitar 20-an %.  Besar pertumbuhan ini jauh lebih besar dari jumlah pertumbuhan penduduk di Indonesia yang tidak lebih dari 3%. Ini semakin meyakinkan kita bahwa, ke depan internet akan menjadi media baru yang akan dinikmati masyarakat Indonesia dalam mengakses indormasi.

Dengan asumsi demikian, saat ini media online berpeluang berada di posisi teratas dalam jagad industry pers. Semakin banyak orang menggunakan internet dengan ragam media mobile, semakin besar pula peluang pasar media online. 

 

Leave a Reply

*