Dari Raja Arab Hingga Obama

Dari Raja Arab Hingga Obama

Oleh : Munir A.S

Faktual.co.id -Waktu Raja Arab dan rombongan ke Jakarta pada Maret 2017, Jokowi Sambut dengan keamanan berlapis. Ribuan pasukan gabungan diturunkan. Bayangkan berapa biaya operasionalnya selama raja Arab itu injak kaki di Jakarta. Hingga presiden RI ke-7 itu rela memayungi sang Raja dengan tangannya sendiri saat hujan guyur istana.

Ketika sang Raja menyambangi istana Bogor-Jawa Barat, beberapa ruas jalan ditutup, demi keamanan dan kelancaran kunjungan simbol monarki Arab itu. Setelah makan-makan dengan perjamuan super mewah, para menteri mewakili dua negara (Indonesia-Arab Saudi) membubuhkan tanda tangan proposal investasi di beberapa sektor ekonomi. Blits kamera pun pecah menghantam wajah para menteri dua negara itu. Jokowi nampak sumringah.

Pemerintah Arab Saudi berjanji akan investasi di Indonesia sebesar USD 7 miliar atau setara Rp.93 triliun. Namun Jokowi kaget bukan kepalang, ketika di Cina, Raja Arab Saudi investasi Rp.867 Triliun. Wajar saja Arab Saudi investasi di Cina sebesar itu, sesuai economic size negeri Tirai Bambu itu.

Yang bikin Jokowi sebel, ia sudah rela mayungi sang raja, tapi investasi di Indonesia lebih kecil bila dibandingkan investasi Arab Saudi di Cina. Padahal, presiden RRC tak pernah mayungi sang raja. Jokowi nyinyir di media hingga curhat “nyesal mayungi raja Arab.” Tapi gara-gara Jokowi mayungi Raja Arab, para pengawal raja kurang beban kerjanya.

Salah satu media nasional terkemuka melansir dalam beritanya, kunjungan Obama ke Jakarta hari ini (30/6) melibatkan 4000 personel keamanan. Padahal mantan presiden Amerika itu cuma berlibur. Kasarnya ia cuma turis yang berlatar belakang mantan presiden negara adi kuasa.

Sebelumnya, ada juga media melansir berita agak lebai, katanya kunjungan Obama ke Bali bikin citra investasi pariwisata di Indonesia membaik. Padahal, sejak bom Bali hingga sekarang, investasi pariwisata di Indonesia masih baik dan biasa-biasa saja. Tapi begitulah, media suka bombastis. Jarang kritis dan out of the box.

Padahal Obama sendiri meminta, agar pengamanan dirinya di selama di Jakarta tak berlebihan. Yang jelas semua itu butuh biaya. Obama ke Jakarta, tak membawa baleid investasi triliunan rupiah. Ia cuma jalan-jalan bersama keluarga menikmati masa pensiun selepas jadi presiden AS. Jangan sampai tangan presiden RI kembali mayungi Obama kalau hujan. Maaf tak ada investasi !

 

 

 

Leave a Reply

*