Jambore Barisan, Kerja Nyata BM PAN

Oleh : Ahmad Qayyimel Alofi

Faktual.co.id – Dirgahayu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) ke 19 adalah sebuah perjalanan melalui etape panjang sejarah dalam mengemban amanat bangsa dan menunaikan cita-cita reformasi. Cita-cita ini, kemudian mengharuskan PAN terus melakukan regenerasi dan menghasilkan kader-kader tangguh dan candikia di kancah politik Nasional. Sebagai partai kader, BM PAN adalah salah satu laboratorium kepemimpinan PAN yang kelak menghasilkan kader-kader terbaik partai.

BM PAN sebagai sebuah Ortom Partai Amanat Nasional (PAN), lahir sebagai kawah candradimuka bagi kader-kader PAN dan menjadi ujung tombak pemenangan PAN. Sebagai kader yang lahir dari rahim PAN, setiap kontestasi politik tentulah BM PAN memiliki kewajiban penuh dalam melahirkan kader-kader muda yang kelak mampu menerjemahkan dan mewujudnyatakan cita-cita PAN.

Dengan kata lain, BM PAN, adalah garda depan menyokong cita-cita PAN, sebagaimana metafora yang acap disampaikan ketua umum PAN Zulkifli Hasan, “matahari tak pernah ingkar janji dan selalu menyinari.” Demi cita-cita matahari sebagai simbol filosofis cita-cita PAN, maka di level sayap muda, BM PAN lah yang menjadi garda penyokong, sebagai kekuatan organik mendukung seluruh cita-cita soaial PAN. Salah satu kerja nyatanya adalah melalui rekrutmen kader pada Jambore Barisan Muda.

Jambore barisan muda, bukan hanya sebuah jambore yang asal rame, asal kumpul dan asal beda tapi jambore barisan muda adalah sebuah pola rekruitmen terstruktur pertama yang BM PAN selenggarakan dalam mewujudkan tiga arah kebijakan DPP BM PAN periode 2016-2021. Konsolidasi organisasi, kaderisasi dan pemenangan pemilu 2019 adalah tiga arah kebijakan DPP BM PAN periode 2016-2021 diturunkan dari program kerja dan GBHO yg diamanatkan oleh kongres V BM PAN 2016 lalu.

Melalui pelatihan-pelatihan yang berbasis kepemimpinan, dasar-dasar politik dan manajemen organisasi Jambore BM PAN diharapkan melahirkan kader-kader muda tangguh yang nantinya akan mengisi struktur BM PAN ataupun PAN pada setiap tingkatan dan diharapkan memiliki totalitas dalam berjuang serta loyalitas dlm mengabdi seperti tagline yang selama 19 tahun ini ini melekat bersama kita “BM PAN perkasa, PAN menang dan rakyat Sejahtera”.

Jambore BM PAN yang akan diselenggarakan di 34 Provinsi di seluruh Indonesia bukan hanya sebuah untaian kata ataupun retorika politik belaka, tapi sebuah karya nyata dan persembahan kami bagi 19 tahun PAN dan BM PAN. Salam Barisan !

 

Penulis adalah Ketua Badan Ke-Organisasian DPP BM PAN ***

Leave a Reply

*