BM PAN Harus Punya Dignity

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto : Ayang)

Penulis : Hakim Manu

Faktual.co.id – Dalam pidatonya di tengah-tengah ribuan kader muda peserta Jambore BM PAN DIY di Bhumi Perkemahan Merapi, Minggu (29/10), Ketua Umum Partai Amanat Nasional; Zulkifli Hasan sampaikan, pemuda harus punya aware terhadap politik. Dengan adanya kesadaran, maka akan tumbuh empati, dan aktifasi untuk memperjuangkan nasib bangsa dan rakyat Indonesia.

Lebih lanjut katanya, pemuda yang tak memiliki kesadaran politik, adalah pemuda yang tak mampu merumuskan masa depannya secara baik. Ia menegaskan, hampir semua aktivitas kehidupan kita tak bisa lepas dari kerja-kerja politik. Olehnya itu, sedini mungkin kesadaran politik anak mudah harus tumbuh melalui kegiatan edukasi politik dalam berbagai bentuk.

Ketua MPR RI periode 2014-2019 ini juga berharap, kegiatan jambore BM PAN dapat dijadikan medium bagi anak muda Jogja, khususnya kader BM PAN, agar dapat mengorganisir dirinya untuk membela dan memperjuangkan cita-cita sosial. Baik di lokus daerah dan nasional.

“Pemuda harus punya pemahaman tentang politik, dengan pemahaman, ia akan sadar dan punya empati terhadap lingkungan sosial di sekitarnya. Partai politik adalah pilar penting demokrasi, pemuda sebagai entitas bangsa, harus punya produktivitas, dignity, kosmopolit dan integritas untuk menjadikan politik sebagai tempat perjuangannya, demikian tegas bang Zul dalam pidatonya.

Diakhir pidatonya, mantan Menteri Kehutanan ini berharap, output dari kegiatan Jambore BM PAN dapat menghasilkan kader-kader BM PAN terbaik dalam memperjuangkan cita-cita sosial masyarakat Indonesia. Ia juga menginginkan, kegiatan Jambore dan sejenisnya harus dilakukan terus menerus dalam rangka mendidik dan menumbuhkan kesadaran berpolitik anak muda. ***

Leave a Reply

*