Zulkifli Hasan; Anak Muda Kaltim Harus Paham Masalah Daerahnya

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama peserta Jambore BM PAN Kaltim (Foto : Red)

Faktual.co.id– Dalam sambutannya pada acara Jambore Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kalimantan Timur; Jumat (15/12/2017), ketua MPR sekaligus ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN); Zulkifli Hasan sampaikan, anak muda Kaltim harus paham masalah daerahnya. Menteri kehutanan era pemerintahan SBY ini juga katakan, Kaltim yang terkenal dengan daerah industri pertambangan, adalah kekayaan sumber daya alam yang harus mensejahterakan masyarakat Kaltim. “Jangan sampai, kita punya kekayaan alam seperti tambang batu bara, minyak bumi dan kelapa sawit, namun perusahaan-perusahaan swasta yang mengeksplorasi SDA di Kaltim hanya mempekerjakan warga non pribumi dan warga lokal menjadi penonton di negerinya sendiri.”

Lanjutnya, agar anak muda di Kaltim paham persoalan daerahnya, maka harus mengambil peran di jalur politik, baik melalui eksekutif maupun legislatif. Karena kebijakan terkait industri pertambangan dan ketenagakerjaannya, sebahagian besar diputuskan melalui kebijakan-kebijakan politik. Oleh karena itu, Jambore BM PAN Kaltim, harus menjadi ajang sekaligus momentum untuk menumbuhkan kesadaran politik kader-kader BM PAN agar mengerti dan memperjuangkan kepentingan masyarakat Kaltim.

Dalam kesempatan yang sama, ketua umum BM PAN; Ahmad Yohan pun sampaikan, Jambore BM PAN sekaligus Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) Kalimantan Timur, merupakan rumah besar bagi anak muda Kaltim, untuk belajar bersama tentang politik agar saling menguatkan demi mencapai cita-cita sosial dalam mensejahterakan masyarakat melalui jalur politik. Senada dengan ketua umum PAN, Yohan juga katakan, hampir semua kehidupan kita, sejak lahir hingga meninggal, semuanya tak lepas dari kebijakan politik. Oleh karena itu, anak muda Kaltim harus melek politik, agar tidak gampang dieskploitasi kekayaan sumber daya alamnya oleh sekelompok kecil orang untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

Kegiatan Jambore BM PAN Kaltim, menghadirkan 1.200 kader dari 10 DPD BM PAN se Kalimantan Timur. Dalam sesi materi pada Sabtu (16/12/2017) yang disampaikan ketua DPW PAN Kaltim Darlis Pattalongi, juga berpesan, agar Jambore BM PAN Kaltim dapat melahirkan kader sejati. “Kader sejati itu kader yang loyal pada cita-cita PAN. Ia berharap, kader yang lahir dari Jambore BM PAN selalu aktif dalam kerja-kerja politik untuk pemenangan PAN di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. “Jangan sampai kita menjadi kader pedati yang dipecut dulu baru mau bekerja,” demikian pungkas Darlis.

Penulis : M Sara

Leave a Reply

*