Los Galacticos Tekuk Valencia di Kandangnya

 

Cristiano Ronaldo Cetak dua gol dimenit awal melawan Valencia di stadiun Mestalla 27/1/2018 (foto @Madrid)

Faktual.co.id– Naas di dua pertandingan berturut-turut dua pekan terakhir, membuat Real Madrid bangkit di laga tandang melawan Valencia di stadium Mestalla (27/01/2018). Di menit-menit awal laga, Madrid sudah mengancam gawang Valencia.

Ancaman sudah disasar Madrid depan gawang Valencia sejak menit keenam. Saat merebut bola beriringan dengan Ronaldo, Ezequiel Garay menabrak Neto hingga bola terhempas dan di sambut Gareth Bale yang sudah sigap. Namun tendangan kencang Bale dengan kaki kirinya, berhasil ditepis Neto. Di menit kesembilan, Valencia bermanuver depan gawang Madrid melalui tendangan Redrigo Moreno, namun melesat ke posisi kanan gawang.

Saat menit ke 14, naas menimpa Valencia di depan gawang. Oper-operan Benzema dengan Ronaldo depan gawang Valencia berbuah manis. Ronaldo terjatuh disalib Martin Montoya depan gawang. Wasit akhirnya menjatuhkan hukuman penalti. Bola langsung dieksekusi Ronaldo dan berbuah gol. Los Merengues  unggul atas Valencia 0-1.

Digasak Los Blancos 0-1, membuat Los Che di menit ke 24 menaikkan tempo serangan. Depan gawang Madrid, bola dikuasai Geoffrey Kondogbia. Gocekan Geoffrey berhasil memperdayai Luka Modric hingga dekat ke mulut gawang. Namun tendangan kencang  Geoffrey ke posisi kiri gawang berhasil di tepis Keylor Nafas.

Lagi-lagi, di menit ke 36,  nasib sial kembali menimpa Valencia. Montoya menjatuhkan Benzema saat keduanya merebut bola depan gawang. Hukuman penalti kembali dijatuhkan wasit. Ronaldo kembali membobol gawang Valencia melalui tendangan penalti. Eksekusi Ronaldo membuat Valencia tertinggal 0-2.

Dimenit 43, Valencia terus berusaha menguasai permainan. Namun operan akurat Santi Mina gagal dieksekusi Redrigo Moreno depan gawang Madird yang sepi pertahanan. Di menit terakhir, Valencia terus mencoba peruntungan depan gawang Madrid melalui tendangan ganas Guedes.  Namun tendangan pemain bernomor punggung tuju itu melesat ke posisi luar gawang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Madrid atas Valencia 0-2.

Di menit-menit pertama babak kedua, Valencia dan Madrid beradu manuver. Saling baku hantam. Di menit 53, bola ditendang Benzema menyasar ke gawang Valencia. Namun gagal membobol gawang.  Tak urung, Valencia pun terus menaikkan tempo manuver.

Setelah berulang kali berusaha mendominasi permainan di babak ke dua, Valencia akhirnya mendulang hasil di menit ke 58. Melalui tendangan sudut kiri Daniel Parejo, bola disambut sundulan kepala Santi Mina dan merobek gawang Madrid. Skor berubah menjadi 1-2 dipimpin Madrid.

Skor tipis 1-2 membuat Valencia semakin percaya diri dan terus mengancam gawang Madrid. Di menit 66, Lato menendang kuat bola menyasar gawang Madrid. Hanya saja tendangan kencang Lato ditepis kaki kiri Nafas dan gagal membuahkan gol. Beberapa kali usaha Valencia membobol gawang Madrid tapi tetap gagal dihadang Nafas.

Setelah Ronaldo gagal mengeksekusi operan Modric depan gawang di menit 83, skuad Madrid terus berusaha mengancam Valencia depan gawang. Kerja sama Marco Asensio-Marcelo membuahkan hasil maksimal. Setelah tendangan  kaki kiri Marcelo membuat bola menyempil di bawah selangkangan Neto dan berbuah gol cantik. Skor bertambah untuk Madrid 1-3. Gol Marcelo kembali membuat Madrid unggul dan mempertebal ketertinggalan dengan Los Che.

Tak selang lama, di menit-menit terakhir babak kedua, kerja sama Mateo Kovacic  dan Toni Kroos berbuah manis.  Operan apik Kovacic berhasil dituntaskan Kroos. Dari luar garis penalti, tendangan kencang Kroos memperdayai Neto dan berbuah gol. Real Madrid menutup laga tandang dengan sempurna mengungguli Valencia 1-4. Hingga wasit meniup peluit panjang, skuad Madrid tetap unggul dengan skor 1-4.

Mendulang kemenangan di stadium Mestalla (27/01/2018), mempertipis jarak Madrid dengan Valencia di peringkat tiga dengan selisih dua poin. Hingga kini, Los Galacticos sudah mengumpulkan 38 poin. Selisih 16 poin dengan seteru abadinya; Barcelona yang sementara di puncak klasemen (MS)

Penulis : Munir Sara

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

*