NTT Contoh Pluralisme

Anggota DPR-RI, Ahmad Yohan saat sosialisasi 4 Pilar Bangsa di SMAN 1 Nubatukan-Lembata (Foto :Red-F)

Faktual.co.id – Dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar Bangsa di SMAN 1 Nubatukan-Lembata pada 24 April 2018, anggota DPR-RI, Ahmad Yohan katakan, NTT adalah contoh daerah yang mampu menjaga soliditas dalam keragaman. “Dalam semangat NKRI, pluralisme adalah pilar penting yang terus perlu dirawat. Kegiatan Empat Pilar ini adalah suatu kebijakan yang dilahirkan, agar negara senantiasa hadir dalam menjaga dan memperkokoh pemahaman warganya tentang semangat NKRI sebagai slogan pemersatu bangsa yang multikultural.

Lebih lanjut dikatakannya, komposisi masyarakat NTT, khususnya di Lembata yang beragam, maka menjaga kerukunan adalah bagian penting dalam memperkokoh integrasi sosial. “Perbedaan tidak harus menjadi pertentangan, tapi menjadi faktor pemicu untuk mencari kesamaan dan keselarasan. Kita bisa belajar di tempat-tempat lain, bahwa ketika terjadi pertentangan perbedaan, maka yang dihasilkan adalah disintegrasi sosial. Tentu kita tidak ingin adanya perpecahan dan konflik horisontal, seperti peristiwa yang terjadi di daerah lain seperti di Poso, Sampit dan Ambon. Dampaknya sangat buruk bagi kehidupan sosial.”

Dihadapan 125 siswa SMAN 1 Nubatukan, ia sampaikan, merawat pluralisme sudah saatnya terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran. Agar sejak dini, kesadaran akan integrasi sosial, tertanam dalam diri setiap generasi sejak dini. “Lembaga pendidikan merupakan suatu infrastruktur sosial yang berperan dalam menjaga soliditas bangsa,” tegas Yohan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMAN 1 Nubatukan, Bachtiar Aziz, menyampaikan terima kasih kepada Yohan, yang telah berkenan menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar Bangsa di SMAN 1 Nubatukan. “Kami berterima kasih pada pak Yohan, karena telah memilih sekolah ini sebagai tempat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar Bangsa. Ini sangat berharga bagi peserta didik dalam memahami toleransi dalam tatanan masyarakat NTT, khususnya di Kabupaten Lembata yang plural.” (Il-B)

 

 

Leave a Reply

*