Anggota DPR RI Ahmad Yohan Fasilitasi Alsintan Untuk Petani Flotim

Bantuan Alsintan Untuk Petani Flotim dari Program aspirasi Kementan dan Anggota DPR RI Komisi IV Ahmad Yohan (Foto RdFak)

Faktual.co.id – Melalui program aspirasinya bersama Kementerian Pertanian, anggota DPR RI Komisi IV Ahmad Yohan memfasilitasi program bantuan alat dan mesin pertanian kepada 88 kelompok tani di Flores Timur.

Menurut Yohan, bantuan tersebut dalam rangka membantu petani di Flores Timur untuk mengelola lahan pertanian secara optimal. Alat-alat teknologi pertanian yang dibantu berupa, traktor roda dua, traktor roda empat, mesin penyemprot hama, pompa air, dan beberapa jenis alat pertanian lain untuk masa pra dan pasca panen.

“Kita tahu, banyak lahan di NTT seperti daerah Flores Timur yang belum benar-benar dimanfaatkan. Cuma sayangnya selama ini masyarakat masih menggunakan cara-cara konvensional. Akibatnya produktivitas dan efisiensi juga rendah, meski lahan kita potensial.”

Kata Yohan, bantuan alat dan teknologi pertanian ini berfungsi untuk memodernisasi pertanian di Flotim dari sisi pemanfaatan fasilitas pertanian. Dengan demikian,  kedepan, efisiensi dan produktivitas dapat tercipta melalui pemanfaatan teknologi moderen dalam pertanian.

Oleh karena itu, selain Flotim, melalui program aspirasi dari Kementan, beberapa daerah seperti Lembata, Alor, Ende, Ngada, Nagakeo, Mabar, Sikka dan Manggarai juga mendapat bantuan alat pertanian untuk masa pra dan pasca panen.

“Sesuai dengan tupoksi saya di Komisi IV yang bermitra dengan Kementan, maka ke depan, saya akan optimalkan bantuan-bantuan selain alat pertanian kepada petani di dapil saya. Ada bantuan lain seperti pupuk, bibit holtikultura, program pemanfaatan lahan tidur dan peternakan. Demikian juga bantuan-bantuan di sektor perikanan,” demikian pungkas Yohan (Hk)

Leave a Reply

*