HMI Cabang Kupang Salurkan Donasi Palu dan Donggala

Penyaluran Donasi Untuk Palu dan donggala oleh jajaran pengurus HMI Cabang Kupang (foto : F.Doc)

Faktual.co.id – Jumat, (12/Okt), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palu dan Donggala melalui transfer BNI setempat. Melalui pesan Whatsapp, Ketua Umum HMI Cabang Kupang, Zainudin Umar mengatakan, “pasca gempa dan tsunami Palu, kami langsung bergerak mengumpulkan donasi melalui warga kota Kupang. Hal yang sama juga pernah kami lakukan saat musibah gempa di Lombok-NTB. Kami HMI Cabang Kupang benar-benar berempati. Nilai donasi ini tak seberapa, empati kemanusiaan lebih tinggi dari sekedar persoalan nominal”

Menurut Zainudin, yang terpenting dari pasca musibah adalah merekonstruksi kota Palu. Tidak saja fisik kota, tapi juga membangun kembali psikologis warga kota Palu dan Donggala. Menguatkan kembali harapan mereka, agar dapat menjalankan hari-hari esoknya yang lebih baik.

Sambungnya, secara fisik, pemerintah harus melakukan akselerasi pembangungnan infrastruktur dasar seperti konektivitas untuk membuka keterisolasian warga pasca gempa dan tsunami. Demikianpun sarana air bersih, pusat layanan kesehatan dan permukiman warga terdampak. Jangan sampai pemerintah mengulang kesalahan seperti di Lombok, Kemensos kehabisan anggaran. Tidak ada alasan bagi negara untuk urusan kemanusiaan. Pemerintah harus bekerja melayani rakyat.”

Di tempat terpisah, salah satu pengurus HMI Cabang Kupang bidang Komunikasi Umat; Ifan Kay mengatakan “ini murni gerakan amal kemanusiaan HMI Cabang Kupang. Kami bergerak dari rumah ke rumah warga kota Kupang. Masuk ke sentra-sentra keramaian di perkotaan melakukan kampanye kemanusiaan untuk peduli Palu dan Donggala. Alhamdulillah, dari uang-uang kecil itu, kami melihat ada tumpukan empati kemanusiaan yang begitu besar dari warga kota Kupang untuk Palu dan Donggala.” demikian tegas Ifan (SoS).

 

 

Leave a Reply

*