Demokrasi Yang Jurdil Pilar NKRI

Anggota DPR RI Primus Yustisio dalam kegiatan sosialisasi empat pilar di Gunung Sari Bogor (foto.red/F)

Faktual.co.id – Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar bangsa di Gunung Sari Pamijahan Bogor pada Sabtu 30 Maret 2019, Primus katakan, politik kekuasaan yang dibangun dengan kecurangan, dapat memicu perpecahan dan konflik horisontal.

Menurutnya, jika suatu kekuasaan dalam pemerintahan dicapai dengan proses-proses yang curang, maka itu dapat menimbulkan gerakan perlawanan rakyat yang masih menginginkan proses demokrasi yang jurdil.

“Kita bisa melihat negara-negara luar, bahwa kerusakan sosial dan disintegrasi selalu dimulai dari kecurangan-kecurangan dalam demokrasi mereka. Dan ini mestinya menjadi pelajaran bagi Indonesia dalam konteks menjaga keutuhan NKRI.”

Dalam kesempatan yang sama, mewakili masyarakat, anggota DPRD Kabupaten Bogor, Usel Saefullah dalam sambutannya mengatakan, masyarakat adalah pelakon utama dalam pesta demokrasi, oleh sebab itu, masyarakat juga harus menjadi bagian utama dalam mengawal proses demokrasi yang jurdil.

Acara sosialisasi empat pilar bangsa ini dihadiri masyarakat dan tokoh masyarakat setempat. Primus berharap, masyarakat bisa mengambil pelajaran dari kegiatan-kegiatan penguatan wawasan kebangsaan dalam bentuk apapun (Rz/F)

Leave a Reply

*