Yohan, Politik Jurdil Adalah Amanah Pancasila

Anggota DPR RI Ahmad Yohan saat sosialisasi Empat Pilar Bangsa di Riung Ngada, NTT (foto : red F)

Faktual.co.id – Pemilu adalah oprasional teknis demokrasi. Proses Pemilu yang jujur dan adil (Jurdil), menandakan demokrasi kita tumbuh dengan sehat. Demikian ungkap Yohan, Anggota DPR RI saat sosialisasi Empat Pilar di Riung-Ngada NTT pada 27 Maret 2019.

Menurutnya, dalam demokrasi, yang dicita-citakan adalah suatu pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance), dengan demikian, pemerintah yang baik dan bersih, mesti dicapai dengan proses yang jujur dan adil.

Tegasnya, kalau Pemilunya curang, maka sudah pasti akan mendapat reaksi dari masyarakat, dan hal tersebut riskan terhadap stabilitas nasional, bila belahan politik dukungannya menjurus pada konflik horizontal, secara tidak langsung, kondisi demikian, ikut mengancam integrasi nasional, bila ada reaksi yang berlebihan di daerah yang tidak puas dengan kinerja penyelenggara Pemilu.

Dalam paparan materinya, poltisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap, agar institusi penyelenggara Pemilu harus hati-hati mengelola Pemilu. Jangan sampai, pesta lima tahunan ini, mencedarai rasa persaudaraan kita sebagai sebangsa, demikian pungkasnya (S-m/F)

Leave a Reply

*