DPP BM PAN Gelar Jambore Barisan Muda dan Pelantikan Pengurus

DPP BM PAN Gelar Jambore Barisan Muda dan Pelantikan Pengurus

Faktual.co.id – Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (DPP BM PAN) akan menggelar Jambore Barisan Muda di Bumi Perkemahan Cibubur-Jakarta dari tanggal 13-15 Januari 2017. Kegiatan Jambore Barisan Muda ini akan dirangkaikan dengan pelantikan pengurus DPP BM PAN Periode 2016-2021. “Kegiatan Jambore Barisan Muda ini akan kami rangkaikan sekaligus dengan pelantikan pengurus baru DPP BM PAN. Jadi diawal kepengurusan ini, BM PAN ingin tegaskan melalui kegiatan Jambore Barisan Muda, bahwa PAN adalah partai kader dengan pola rekrutmen terstruktur dan berbasis kurikulum perkaderan partai” demikian keterangan Ketua Badan Keorganisasioan Achmad Qayyimel Alofi di Markas DPP BM PAN, Tebet-Jakarta Selatan.

Dalam siaran persnya, Ketua Panitia Jambore Pemuda, Fiardhi Farazanggi sampaikan, “Jambore Barisan Muda merupakan pola rekrutmen resmi kader baru Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) yang output-nya akan disetarakan dengan Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) PAN oleh Badan Perkaderan DPP PAN. Dengan demikian, kader baru BM PAN yang telah mengikuti Jambore Barisan Muda, secara kepartaian, telah resmi menjadi kader PAN.

Masterplan DPP BM PAN terkait rekrutmen kader baru adalah, menjadikan Jambore Barisan Muda sebagai program wajib yang diselenggarakan di 34 Dewan Pimpinan Wilayah BM PAN yang ada di Indonesia, dengan merekrut 1000 kader baru berbasis kelurahan/desa.

Proyeksinya; 1000 kader baru BM PAN output Jambore Barisan Muda, akan berjejaring secara struktural dan fungsional dari tingkat DPW hingga ke DPC BM PAN. Dengan proyeksi demikian, jika seluruh DPW BM PAN mampu melakukan Jambore Barisan Muda hingga akhir tahun 2017, maka kader-kader baru BM PAN, dapat memenuhi kebutuhan struktur partai, tenaga relawan dan saksi partai pada pemilu 2019.

Olehnya itu, rekrutmen dan kepesertaan kegiatan Jambore Barisan Muda, difokuskan pada basis kelurahan/desa. Dengan harapan, di level akar rumput, PAN melalui kader BM PAN, memiliki basis konstituen yang berasal dari kader “murni partai” yang telah didik dan dilatih, “bukan hasil mobilisasi dengan bayaran.”

Jambore Barisan Muda dengan basis peserta dari provinsi DKI Jakarta yang akan diselenggarakan di Cibubur-Jawa Barat pada Tanggal 13-15 Januari 2017, adalah model percontohan yang diharapkan bisa diikuti DPW BM PAN yang ada di provinsi lainnya. Dengan pola ini, PAN melalui BM PAN, memiliki sistem rekrutmen kader baru yang didik dan dilatih serta memiliki militasi dan ideologi kepartaian [Sy-K].

 

Leave a Reply

*