Moratorium Pengiriman Pekerja Domestik Ke Timur Tengah Tak Efektif

Moratorium Pengiriman Pekerja Domestik Ke Timur Tengah Tak Efektif

Faktual.co.id– Komisi IX menilai bahwa moratorium pengiriman pekerja domestik (asisten rumah tangga) ke beberapa negara di Timur Tengah tidak efektif. Pasalnya, meskipun ada moratorium, pengiriman pekerja domestik masih saja terjadi. Bahkan, pengiriman tersebut disinhalir akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebab, mereka diberangkatkan melalui jalur tak sesuai prosedur. Hal tersebut disampaian Saleh Partaonan Daulay, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI kepada Faktual.co.id 30 April 2017.

“Selama kunjungan ke Qatar dan Saudi minggu lalu, tim pengawas komisi IX menemukan fakta bahwa pengiriman masih terus berlanjut. Di Saudi, pengiriman tenaga kerja unprosedural ada 1200 orang di tahun 2016. Dari 1200 itu, sebanyak 1000 orang adalah asisten rumah tangga. Sisanya, sebanyak 200 orang adalah sopir”.

Dalam kaitan itu, komisi IX mendesak pemerintah untuk menertibkan pengiriman tenaga kerja non-prosedural ini. Harus ada tindakan tegas kepada perusahaan atau perorangan yang masih melakukan pengiriman tersebut. Jika tidak, ini akan menjadi pemerintah di kemudian hari, terutama bagi perwakilan RI di luar negeri [MS]

Leave a Reply

*