Pemerintah didesak melakukan pengawasan lebih baik terhadap TKI Mudik

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay (Foto : Istimewa)

Faktual.co.id– Pemerintah didesak melakukan pengawasan lebih baik terhadap TKI yang hendak mudik lebaran melalui jalur ilegal. Menjelang lebaran seperti ini, diperkiran akan banyak mobilitas TKI yang hendak berlebaran di tanah air. Pengawasan ini terutama dilakukan di daerah-daerah perbatasan dengan negara-negara tetangga.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menegaskan “Pemerintah harus memastikan arus mudik TKI ilegal tidak sampai menelan korban. Apalagi, cuaca saat ini sedang tidak menentu. Kita tidak mau ada korban akibat kapal-kapal pengangkut TKI yang tidak laek seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu”.

Musim mudik lebaran ini, semestinya bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memfasilitasi kepulangan TKI ilegal ke Indonesia. Sejalan dengan itu, momen ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengurus bagaimana agar TKI bisa mendapatkan legalitasnya sebagai pekerja.

“Di Malaysia saja, jumlah WNI yang berkerja tidak sesuai prosedur jauh lebih banyak dari yang legal. Harus ada upaya sistematis dan terus menerus untuk mengurus TKI di sana. Pemerintah tidak boleh membirkan hal seperti ini berjalan terus-menerus”.

Saya mengusulkan agar pemerintah menjemput bola ke daerah-daerah yang sering dilalui TKI secara ilegal. Jalur-jalur tikus diawasi dengan benar. Jika ada yang ilegal, diurus agar menjadi legal atau dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. “Kalau perlu, pemerintah membuka posko-posko di mana diduga banyak TKI yang tidak memiliki dokumen resmi. Polanya harus jemput bola.”

Leave a Reply

*