Novanto Sembuh?

Novanto Sembuh?

Penulis : Munir A.S

Faktual.co.id – Novanto sembuh? Di laman salah satu portal berita mengabarkan begitu. Infonya, sabtu (30/9/2017), barang pribadi milik ketua DPR itu telah tiba di kediamannya. Media ini menulis : Mobil Alphard hitam dengan nomor polisi B 11 FPG tiba pukul 17.4 WIB di kediaman pribadinya. Setya Novanto dikabarkan sehat pasca menang di praperadilan. Salah satu akun facebook yang berteman dengan saya menulis di timeline-nya agak sarkastik; “papah sudah sembuh.”

Gula darah, jantung, ginjal, asam urat dan vertigo Novanto konon katanya mulai pulih. Seiring gugatan praperadilannya diterima di pengadilan. Lantas, kabar kesembuhan anggota DPR lima periode itu memantik purbasangka. Tak sedikit yang tanya sembari curiga. Benarkah orang nomor satu di Golkar itu sakit? Atau ngoplos penyakit?

Berbagai spekulasi membuncah di ruang publik. Tak sedikit netizen yang nyinyir dan berseloroh, sakitnya ketua DPR itu hanya untuk mengulur dan menunggu putusan praperadilan. Kalau tak sakit dan memenuhi panggilan KPK, pasti sudah memakai rompi orange. Dalam commuter line Jakarta-Bogor, seorang bapak membaca berita bola, sambil matanya mendilak berita di pojok kolom tentang spekulasi penyakit Novanto.

Kening bapak  ini mengernyit. Mungkin ia menyoal, komplikasi penyakit yang diidap Novanto, mendadak sembuh, seiring ia menang praperadilan atas status tersangkanya dalam mega korupsi e-KTP.

Memang, sebelum putusan praperadilan, dari RS, keluarga Novanto berkomentar di media, penyakit Novanto bertambah satu. Muntah-muntah. Bukan muntah berak atau kena virus kolera. Kalau saja proses praperadilan itu agak lama, bisa bertambah beberapa penyakit lagi. Naga-naganya, begitu banyak penyakit yang ngantri pada Novanto, menunggu proses putusan praperadilan.

Lama-lama hal beginian jadi preseden. Kalau dipanggil KPK tinggal bilang sakit. Jadi setelah tersangka, calon koruptor membuat daftar penyakit. Sambil menunggu proses praperadilan. Publis foto di media yang mengharu-biru. Penyakit Novanto itu menjadi diskurus publik. Berbagai ahli medis menganalisa berbagai alat medis dan selang yang masuk ke mulut dan lubang hidung Novanto.

Tapi diskursus dan debat seru penyakit Novanto itu berhenti, seiring putusan praperadilan memenangkannya. Telak. Novanto bebas dari jeratan KPK. Lagi-lagi KPK keok. Kalah telak dalam kasus korupsi kakap. Lantas di salah satu surat kabar Sabtu (1/10/2017) menulis KPK akan kembali mentersangkakan Novanto. Sakit apalagi selanjutnya. Entahlah.

Leave a Reply

*