Akhirnya Berkas PAN Lolos Verfikasi KPU Pusat

Penyerahan berkas persyaratan Pemilu dari Ketua KPPN Hanafi Rais kepada Ketua KPU RI, Arief Budiman (Foto ; Red Faktual)

Faktual.co.id Sabtu (14/10), tepat pukul 2.55 WIB, akhirnya berkas Partai Amanat Nasional diterima KPU pusat setelah melalui verfikasi kelengkapan administrasi; baik data anggota dan pengurus yang sifatnya hard copy maupun sistem informasi politik (sipol) online. Dipimpin Ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) Ahmad Hanafi Rais, PAN telah mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu 2019 di KPU Pusat pada Jumat (13/10).

Dalam konferensi persnya pasca mendaftarkan PAN di KPU, Hanafi katakan, secara administrasi, baik berkas-berkas yang sifatnya hard copy dan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) online, telah diverifikasi berkali-kali oleh KPPN. Baik dari DPP hingga DPC sudah memenuhi persyaratan. Kata Hanafi, “kalau di Sipol online, kami sudah hijau semuanya, tak ada yang merah di seluruh jenjang pengurus PAN.”

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini juga katakan, dengan lolosnya PAN sebagai partai peserta pemilu 2019, semoga PAN dapat memberikan kesejukan dan kedamaian bagi proses demokrasi di Indonesia. “Insya Allah PAN dapat dipercaya masyarakat sebagai partai pemenang pemilu 2019 dan dapat mewujudkan cita-cita mensejahterakan masyarakat.”

Hanafi juga katakan, persyaratan pemilu 2019 ini beda dengan sebelumnya. Salah satunya adalah memenuhi Sipol KPU. Namun PAN mengapresiasi Sipol ini sebagai ikhtiar dalam memodernisasi tata kelola demokrasi di Indonesia. Dikatakannya, meskipun proses entry data Sipol ini cukup rumit, namun baik DPP PAN, tim KPPN dan relawan, menikmati proses ini sebagai bagian dari konsolidasi partai.

Diakhir sambutannya, Hanafi berharap, data-data PAN yang sudah diserahkan pada KPU ini semoga bisa dijaga kerahasiaannya. Terutama data Sipol online. Karena Sipol online ini menurutnya paling rentan mengalami kejahatan; cyber crime.

Penulis : Yusuf Lestaluhu

 

 

Leave a Reply

*