Mahfud dan Nadiem Sambangi Istana, Pasar Antusias

Mahfud dan Nadiem Sambangi Istana, Pasar Antusias

Faktual.co.id– Mahfud MD dan Nadiem Makarim dipanggil Jokowi ke istana. Pelaku pasar memberikan respon positif. Terlihat pada pergerakan IHSG di BEI hingga sesi II yang masih bertengger di zona hijau. Saham dibuka awal perdagangan pada pukul 09.00 WIB dengan composite 6.216.755. Per akhir sesi I, IHSG terapresiasi sebesar 0,12%. Pada sesi dua perdagangan, posisi IHSG masih bertengger di zona hijau dengan composite 6.246.683.

Menghijaunya IHSG, seiring dengan bursa saham Asia yang bertengger di zona hijau. Hal ini bisa dilihat dari indeks Nikel yang naik (+0,26%), Hangseng (+0,03%), Kospi (+0,16), S&P ASX 200 (+0,04%) dan BSE Sensex (0,63%). Kondisi ini menggambarkan, bursa saham Asia bergerak stabil sejak dibuka pada awal perdagangan (Senin, 21/10/2019).

Apresiasi bursa saham Asia, juga disokong oleh melunanknya AS-China. Seturut harapan membaiknya pertumbuhan ekonomi China. Sebagaimana rilis Times (21/10), kantor berita China Xinhua yang dikelola pemerintah mengatakan pada hari Sabtu (20/10), negosiator yang cukup senior telah “melakukan diskusi konstruktif” di Washington dalam beberapa hari terakhir dan telah “setuju untuk terus mempertahankan komunikasi.

Pergerakan bursa saham di Asia, masih dibatasi oleh belum jelasnya renegoisasi lanjutan AS-China soal perang tarif. Hingga saat ini, proses renegoisasi kedua negara terus berlangsung. Para pelaku pasar masih wait and see, menunggu kepastian kesepakatan lanjutan soal perang tarif kedua negara tersebut.

Sementara di bursa saham Eropa, pound terdepresiasi, seiring terobosan Brexit Boris Johnson terbukti sulit dipahami. Sebagaimana rilis The Straits Times (21/10), Pound jatuh setelah politisi Inggris gagal memberikan suara Brexit yang telah dijanjikan pada akhir pekan.

“Investor harus menyeimbangkan kekecewaan atas penundaan lebih lanjut dengan meningkatnya kemungkinan pelepasan mata uang pound,” kata Mr Ned Rumpeltin, kepala strategi mata uang Eropa di Toronto-Dominion Bank. Pound terdepresiasi sebesar 0,8 persen terhadap dolar AS, mengakhiri kemenangan beruntun empat hari. Turun 0,6 persen menjadi US $ 1,2906 pada pukul 8 pagi di Tokyo (Ms/F)

 

Leave a Reply

*