PAN Minta Menag Hentikan Isu Radikalisme

Konferensi pers fraksi PAN DPR RI menanggapi isu radikalisme (Foto Faktual.doc)

Faktual.co.id– Dalam konfrensi yang berlangsung di aula rapat fraksi PAN DPR RI, Jumat (1/11/2019), ketua Fraksi PAN, Ahmad Hanafi Rais meminta menteri agama, Fachrl Razi hentikan isu radikalisme. Ia juga meminta, Menag perlu membuka cakrawala masyarakat tentang definisi radikalisme.

Dengan demikian, isu radikalisme dan penafsirannya tidak didominasi oleh negara. “Kami minta, menteri agama membuka cakrawala publik terkait apa itu radikalisme.” Harapannya, jangan sampai isu radikalisme ini melulu dialamatkan pada salah satu kelompok masyarakat atau agama.

Dalam konfrensi pers yang dipandu oleh sekretaris fraksi PAN, Ahmad Yohan dan dihaidir seluruh pimpinan fraksi, Hanafi juga katakan, biasanya, isu radikalisme ini digunakan oleh negara-negara yang mengalami stagnasi ekonomi. Indonesia memang tengah mengalami stagnasi ekonomi.

Menurutnya, dalam satu periode pemerintahan Jokowi, banyak janji-janji di sektor ekonomi yang mengalami stagnasi. Pertumbuhan ekonomi yang mangkrak di 5%, pajak yang mengalami sorftfall, neraca dagang yang negatif. Ini problem yang harus dituntaskan pemerintah, ketimbang mengurus isu yang tidak penting seperti radikalisme.

Diakhir konferensi pers, ketua fraksi PAN yang baru terpilih ini juga katakan, sebaiknya menteri agama mengeluarkan ide-ide tentang ukhuwah. Ini upaya untuk mempersatukan bangsa. Dari pada getol menyebarkan isu radikalisme, tapi justru ujungnya membelah-belah masyarakat (Ms/F).

 

Leave a Reply

*