Dianggap Gagal, Kader PAN Minta Zul Hasan Jangan Rusaki Partai Lagi

Pendiri partai Amien Rais memberikan tausiah politik pada pengurus DPW dan DPD PAN di kediamannya-Yogyakarta 30/11/2019 (Foto F.doc)

Faktual.co.id– Jelang kongres PAN 2020, pengurus DPW dan DPD PAN dari berbagai daerah merapat ke kediaman pendiri partai Amien Rais. Mereka datang untuk mendengar arahan politik pak Amien. Dalam tausiah politiknya bersama pengurus DPW dan DPD PAN pada 30/11/2019, pak Amien sampaikan, “PAN ini investasi masa depan dalam membangun masyarakat. Jangan sampai dijadikan kerdil dan dijual murah ke penguasa.”

Senada dengan Amien Rais, elit-elit DPW dan DPD PAN yang hadirpun sampaikan, bahwa PAN hari ini kehilangan arah. Semakin tercerabut dari akal sosialnya. Itu karena pemimpin partai mengalami disorientasi. Yang ada di kepalanya cuma koalisi dan non koalisi dengan penguasa. Tapi tidak pernah membesarkan dan memperkuat partai dengan mengakarkannya pada basis sosial partai.

Terkait masalah ini, pak Amien juga katakan, ia pernah mengutarakan pada ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, agar bersamanya turun ke basis-basis sosial PAN. “Saya pernah minta, pak Zul, kalau mau ke pasantren dan basis-basis sosial PAN, undang saya, saya mengerti bahasa pasantren.” Namun kata pak Amien, ketum PAN justru makin hari makin menjauh darinya.

Keluh kesah yang sama juga datang dari Ketua DPW PAN Sumatera Utara, Yahdi Khoir. Dalam pernyataannya, Ia katakan, dimasa Zulkifli Hasan sebagai ketum PAN, inilah manajemen partai paling buruk sepanjang sejarah. Tidak ada prestasi dan gagal. “Apa prestasi Zulkifli Hasan? Kursi melorot dari 48 ke 44 di DPR RI itu prestasi?” Ia juga ingatkan, agar Zulkifli jangan merusaki partai ini dengan mencalonkan diri lagi sebagai ketum PAN. “Kalau janji mau perbaiki partai lima tahun ke depan, kenapa mesti nanti? Sekarang saja diberi kesempatan gagal.” Demikian tegasnya.

Dalam acara yang sama, Amien Rais berharap, di kongres PAN 2020 ini bisa berakhir dengan musyawarah mufakat. PAN kembali konsolidasi dengan merangkul semua komponen yang ada. Pak Amien juga akan menggelar pertemuan dengan semua sepuh dan pendiri partai, agar membicarakan masa depan PAN jelang kongres 2020 (Yl/F)

 

Leave a Reply

*