BM PAN Akan Gelar Rakernas

Ferdian Andika Nasrul, Ketua Panitia Rakernas BM PAN (foto Red-f)

Faktual.co.id- Dalam rangka menyamput HUT Partai Amanat Nasional (PAN)  dan Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) yang jatuh pada 23 Agustus 2020, BM PAN akan akan menggelar Rapat Kerja Nasional. Hal ini disampaikan Ketua Panitia Rakernas, Ferdian Andika Nasrul di Markas BM PAN Tebet-Jakarta Selatan, pada Minggu (09/8/2020).

Menurut Ferdi, Rakernas BM PAN jelang 23 Agutus 2020, adalah bertepatan sekali dengan dua momentum sejarah PAN dan BM PAN 22 tahun silam, dimana partai ini didirikan oleh Amien Rais beserta para founding fathers lainnya. Seiring lahirnya PAN, BM PAN lahir, sebagai kebutuhan sejarah PAN kala itu. Memasuki usia ke-22 tahun, tentu PAN dan BM PAN telah melewati etape panjang perjalanannya.

Lahirnya PAN dan BM PAN, seiring perjalanan Indonesia pasca negara orde baru. Rakernas BM PAN menurutnya, adalah momen untuk merefleksikan dua dimensi kesejarahaan. Yakni kesejarahaan partai dan kesejarahaan perjalanan bangsa.

Rakernas BM PAN juga diharapkan, dapat menggairahkan, atau menyegarkan kembali bagian-bagian kusut perjalanan BM PAN sepanjang 22 tahun ini. Menurutnya, dalam rentang waktu 22 tahun itu, tentu ada banyak sekali dinamika dan anasir-anasir politik baik internal dan eksternal yang melibatkan BM PAN.

Oleh sebab itu, Rakernas ini bertujuan untuk merelaksasi bagian-bagian kusut dimaksud, sekaligus menggairahkan kembali gerakan BM PAN sebagai bagian entitas pemuda PAN, dalam rangka menyongsong masa depan partai lima tahun ke depan.

Pertimbangan situasi Pandemi Covid-19, maka Rakernas kali ini akan dilaksanakan secara virtual. Target kepesertaan Rakernas adalah 2000 peserta. Baik pengurus BM PAN di DPW, DPD dan kader. Menurut Ferdi, panitia juga sedang mempertimbangkan, ada rangkaian kegiatan menuju Milad BM PAN dan Rakernas. Tujuannya, dalam rangka menyemarakkan milad dan Rakernas.

Substansinya, Rakerna ini adalah suatu rangkaian formal organisasi BM PAN sesuai AD/ART. Namun entry point-nya adalah; menggairahkan kembali kehidupan organisasi BM PAN. Pasca Kongres V PAN di Kandari, tentu partai mereformulasi perjalananya lima tahun ke depan.

Sebagai Ortom PAN, tentu, BM PAN juga perlu merekonsepsi arah perjalanannya agar dapat bersinergi dengan partai. Momentum Rakernas kali ini, adalah menyegarkan atau mendinamisasi organisasi BM PAN secara struktural dan kultural, dalam rangka agenda pemenangan PAN lima tahun ke depan, demikain pungkas Ferdi (Qo/F)

Leave a Reply

*