Sekjen PAN; UMKM Sebagai Backbone Ekonomi

Sekjen PAN; UMKM Sebagai Backbone Ekonomi

Faktual.co.id- Dalam prolog Webiner DPP Partai Amanat Nasional pada 4/11, Sekjen PAN Eddy Soeparno katakan, Indonesia telah melalui tiga etape destruksi. Dari pasca tragedi WTC, krisis 1998 dan pandemi Covid-19. Dari tiga etape destruksi yang telah dilewati, melahirkan dampak pengetatan masing-masing, baik dari kehidupan sosial, politik dan ekonomi.

Untuk Covid-19 misalnya, semua negara mengalami situasi yang sama. Mengalami defisit ekonomi, tambahan hutang. Namun tegas Eddy, negara yang sudah bangkit adalah yang paling cepat mengatasi Covid-19. Untuk saat ini menurutnya, “yang perlu kita lakukan adalah seberapa cepat Indonesia keluar dari resesi. Kita juga belajar dari negara lain, semakin cepat akses ekonomi dibuka, pergerakan ekonominya makin akseleratif”

Ini membutuhkan balancing act. Baik dari sisi penanganan Covid-19 namun tidak mematikan perekonomian. Kalau sudah mencapai keseimbangan, maka kita akan mencari cara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Sekjen PAN dua periode ini juga tegaskan, UU Omnibus Law yang sudah dihasilkan, juga diharapkan berperan dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Namun UMKM tetap menjadi backbone atau tulang punggung perekonomian. Oleh sebab itu,  stimulus tetap diperlukan, tapi pemerintah juga menjadi fasilitator, untuk membuka akses market bagi pelaku UMKM (Ms).

 

Leave a Reply

*