Desak Pemerintah Segera Tetapkan Darurat Bencana di NTT

Salah satu posko bencana Ahmad Yohan di Larantuka, Flotim (Foto : p/f)

Faktual.co.id- Anggota DPR RI, Ahmad Yohan, meminta pemerintah pusat menyikapi serius bencana banjir dan badai di Nusa Tenggara Timur. Saat ini, bencana banjir, terjadi hampir di seluruh daratan NTT. Baik pulau Timor, Flores dan Alor akibat cuaca ekstrem yang berlangsung awal April 2021.

Melalui keterangan persnya pada Senin (5/4/2021), Yohan katakan, hingga kini ia terus berkomunikasi dengan jaringan pengurus daerah Partai Amanat Nasional (PAN) terkait kondisi aktual di NTT pasca bencana. Dikabarkan, ada puluhan nyawa yang meninggal dan masih banyak yang belum ditemukan. Kerugian materi berupa rumah warga, ladang dan sawah serta infrastruktur umum juga ludes diterjang banjir. Hingga kini kerugian belum terdata dengan baik. 

Menyikapi kondisi tersebut, ia meminta agar pemerintah, baik pusat dan daerah segera tetapkan darurat bencana di NTT. Dengan harapan, ada langkah penanganan cepat agar tidak menimbulkan dampak yang lebih dalam pasca bencana terhadap masyarakat terdampak.

Menyikapi kondisi bencana serta dampaknya, kini Yohan dan jejaring partai dan relawan di daerah telah membentuk posko bencana. Tujuannya untuk memberikan pelayanan pada masyarakat terdampak pasca bencana. Ia juga meminta partisipasi seluruh stakeholder agar secara bersama-sama menyikapi musibah yang terjadi di NTT.

Hingga saat ini, berdasarkan pantauan faktual di Weather Radar station, kondisi cuaca di NTT menunjukkan trend pemulihan meski masih berfluktuasi dengan curah hujan rendah 0,4 mm.

Sementara kecepatan angin masih berfluktuasi antara 13 km/h – 20 km/h. Kecepatan maksimum hanya 15 knot atau 27 km/h. Sementara embusan angin  48 km/h. dari pantauan Weather Radar station, konsentrasi badai terjadi di sekitar teluk Kupang, di antara pulau tanah Jawa dan Ndao Nuse.

Yohan berharap, proses recovery pasca bencana ini dilakukan percepatan, agar kehidupan masyarakat terdampak bisa segerah pulih. Saat ini kami sudah membangun  pos di beberapa titik, baik di Flotim, Lembata dan Alor, pungkasnya (ks/f)

Leave a Reply

*