Pajak Google, Sofjan Wanandi: Dalam Tahap Negosiasi

Pajak Google, Sofjan Wanandi: Dalam Tahap Negosiasi

Faktual.co.id – Pemerintah meminta Google Asia Pacific Pte Ltd segera membayar pajak di Indonesia. Sofjan Wanandi selaku Ketua Tim Ahli Wakil Presiden mengatakan, pihak Google berniat untuk membayar kewajiban pajaknya di Indonesia.

Usai rapat koordinasi paket kebijakan ekonomi di Kantor Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Selasa (11/10/2016) Sofjan mengatakan, “Mereka mau membayar, namun dalam batas negosiasi mengenai masalah rate dan macam-macam,”

Lebih lanjut Ia menuturkan, Google sedang membahas masalah tunggakan pajak tersebut bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Direktorat Jenderal Pajak. Salah satu yang diminta pihak Google adalah perbaikan sejumlah aturan sehingga mereka bisa membayar pajak.

Namun, Sofjan sendiri belum menjelaskan, aturan apa saja yang dimaksud Google.

“Mereka pasti sekarang ini sedang bicara dengan Kemenkominfo dan dengan pajak, bersama-sama untuk mencari jalan keluar. Ada masalah-masalah hukum yang harus diselesaikan namun mereka etikanya mau membayar. Sebetulnya mereka mau bayar, hanya mereka minta sejumlah aturan yang bisa diperbaiki agar mereka bisa bayar,” ujar Sofjan.

Yang jelas, pemerintah menghendaki Google membayar pajak. Sebab, perusahaan IT lainnya yang beroperasi dan mendapat penghasilan di Indonesia juga membayar pajak. “Perusahaan IT dalam negeri bayar pajak, namun Google tidak bayar. It’s not fair,” Imbuh Sofjan.

Leave a Reply

*